Dari dahulu sampai dengan sekarang nasi tumpeng masih sering digunakan dalam berbagai acara, khususnya bagi orang jawa. Karena nasi tumpeng mengandung banyak sekali filosofi, sehingga tradisi ini masih sangat sering digunakan. Pembuatan nasi tumpeng sendiri sangatlah mudah, akan tetapi bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membuatnya mungkin akan merasa kerepotan. Tetapi jangan khawatir karena bagi anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya anda bisa Pesan Nasi Tumpeng Jakarta . Dengan adanya penyedia jasa pembuatan nasi tumpeng tersebut tentunya akan memudahkan anda untuk bisa mendapatkan nasi tumpeng. Apa lagi saat ini Pesan Nasi Tumpeng di Kuningan bisa di lakukan dengan cara online.

Pemesanan nasi tumpeng secara online tersebut tentunya sangatlah memudahkan kita. Karena kita tidak usah membuang banyak waktu untuk pesan nasi tumpeng tersebut. Bagi anda yang ingin mencari info pesan nasi tumpeng di kuningan, anda bisa menghubungi Telephone / SMS / Whatsapp : 081294309199, Line : jakartanasitumpeng atau bisa juga menghubungi lewat Email : jakartanasitumpeng@gmail.com.

Cara Membuat Nasi Tumpeng

Bagi anda yang memiliki banyak waktu dan mau belajar membuat nasi tumpeng, kali ini saya akan berbagi informasi cara membuat nasi tumpeng.

Bahan Yang Diperlukan

Dalam pembuatan nasi tumpeng maka kita harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini

  • Beras ketan sebanyak 100 gr
  • Beras putih sebanyak 1 liter
  • Santan Kelapa 750 cc
  • Air matang 100 cc
  • Daun Jeruk sebanyak 3 helai
  • Daun salam 2 helai
  • Kunyit dengan ukuran 5 cm
  • 1 buah batang serai
  • Air jeruk nipis sebanyak 3 sendok teh
  • Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Nasi Tumpeng

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan panci dengan ukuran sedang. Selanjutnya isi panci tersebut dengan daun jeruk, air kunyit, garam, santan kelapa, serai dan daun salam serta air sebanyak 100 ml. setelah bahan tersebut tercampur anda anduk-aduk sampai merata selanjutnya masukan beras. Rebus sampai dengan mendidih, tunggu sampai air terlihat surut dan angkat jika kelihatan santan sudah mulai mengering.

Setelah perebusan selesai langkah selanjutnya adalah pemroses pematangan nasi dengan cara mengukus nasi yang sudah di rebus tadi. Waktu yang di butuhkan dalam tahap ini sekitar 35 menit atau bisa lebih. Api yang kita gunakan ialah menggunakan api dengan ukuran sedang.

Selanjutnya setelah nasi sudah matang anda tinggal menaruh ke dalam wadah yang berbentuk kerucut. Sebelum anda memasukan nasi ke dalam wadah kerucut tersebut sebaiknya anda menyiramkan air terlebih dahulu pada wadah tersebut. Supaya nasi tumpeng yang akan kita buat nanti membentuk nasi tumpeng yang sempurna.

Langkah yang terakhir adalah mengias nasi tumpeng yang sudah kita buat tadi. Untuk urusan mengias pastinya anda memilki selera masing-masing.

Itulah tadi cara membuat nasi tumpeng, sangat mudah bukan. Apakah anda mau mencobanya di rumah.