Selain nutrisi otak yang harus cukup, beragam nutrisi juga perlu bunda hadirkan di setiap makanan yang dihidangkan untuk buah hati. Mulai dari makanan camilan hingga makanan berat, haruslah bergizi seimbang dan sarat kandungan positif.

Apa saja contoh kecil dari makanan penunjang nutrisi otak dan lainnya? Simak ulasannya;

Sayuran Berwarna

Kandungan vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang terdapat pada sayur berwarna dipercaya dapat mempertajam ingatan anak. Sehingga apa yang sudah pernah dilihat dan didengar anak bisa tersimpan dengan baik di dalam memori kepalanya.

Ikan Salmon

nutrisi otak

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang paling disarankan untuk anak. Kandungan vitamin A, D, K, dan E yang ada pada salmon dapat meningkatkan daya nalar anak, sehingga anak bisa lebih unggul dibandingkan anak lain yang usianya tidak jauh beda dengan anak Bunda. Meskipun ikan salmon mengandung lemak yang tinggi, tapi kandungan lemak ini ialah lemak baik yang mudah dibakar oleh tubuh si kecil.

Susu

Susu kaya akan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, dan bagus untuk pertumbuhan otak si buah hati. Selain itu, susu juga mengandung zat karbohidrat yang baik untuk mengurangi rasa lapar pada si buah hati. Konsumsi susu secara paling tidak dua kali sehari supaya tubuh anak sehat, begitu juga dengan pertumbuhan otaknya.

Telur

Kandungan protein yang terkandung dalam kuning telur sangat baik untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang baik untuk mempertajam daya ingat. Sebuah studi di Universitas Boston membuktikan kalau daya ingat seseorang yang rajin mengonsumsi telur lebih tinggi daripada yang jarang mengonsumsi telur.

Selain bagus untuk anak, telur juga bagus bagi orang yang sudah lansia supaya ingatan tetap tajam meskipun umur sudah menua.

Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan lemak baik yang baik untuki sumber energi dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Di balik itu, alpukat juga mengandung serat dan Vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si buah hati.

Gandum

nutrisi otak

Kandungan nutrisi berupa Vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang terdapat pada gandum sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak si kecil. Selain itu, gandum juga rendah lemak dan memiliki serat tinggi yang sangat baik untuk melepaskan kandungan glukosa berlebih yang terdapat pada tubuh si kecil.

Pisang

Pisang ialah salah satu buah yang difavoritkan oleh anak karena rasanya yang enak dan manis. Dibalik kelezatannya, ternyata pisang mengandung banyak sumber nutrisi, seperti magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium yang baik untuk menyehatkan tubuh si kecil. Aneka pisang yang disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi ialah pisang hijau, pisang raja, dan pisang kepok.

Daging Segar

Daging memiliki peran besar dalam pertumbuhan otak dan tulang si kecil. Upayakan selalu agar si kecil emdapat asupan daging yang cukup agar pertumbuhan tubuhnya lebih bagus. Pilihlah jenis daging merah yang masih segar. Tapi, batasi juga jumlah konsumsi daging karena daging memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Kacang – kacangan

nutrisi otak

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat tinggi dalam menunjang sumber energi Bayi. Kandungan protein yang bagus juga berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan serta nutrisi otak anak. Sehingga kemampuan berpikir akan meningkat, daya ingatnya juga tentu lebih tajam.

Kombinasi yang baik dari berbagai nutrisi dapat Bunda hadirkan dengan cara meracik resep ala Bunda. Tentunya harus dengan rekomendasi yang tepat dan rasa yang enak agar si kecil selalu menyukainya.